Pages

Thursday, 28 April 2016

Hexlox, Keep Your Bicycle Parts Stays That Way

Saat sedang membaca majalah sepeda untuk mencari bahan artikel di blog, ada 1 artikel yang menarik perhatian saya. Artikel tersebut membahas tentang Hexlox, security key untuk digunakan di hex bolt yang umum digunakan pada parts sepeda. 



Sepeda modern saat ini umumnya menggunakan hex bolts untuk assembly, nah..bagaimana caranya mencegah orang lain untuk tidak membuka hex bolts ini dengan allen tools saat sepeda kita tinggalkan di parkiran?

Ide dasarnya sederhana, kita bisa mengamankan frame dan wheelset sepeda saat diparkir, tapi bagaimana dengan parts lainnya? Seperti saddle, handlebar dll. Tidak mungkin kan kita copot semua parts dan assembly kembali saat mau menggunakan sepeda? Hahahaha.



Hexlox mengisi ruang pada hex bolts dengan security key khusus dan hanya bisa dibuka dengan kunci khusus pula. Di situsnya, Hexlox memiliki nomer identifikasi kunci yang berbeda untuk setiap Hexlox yang terjual. 



Saya belum tahu dasar penomoran ini seperti apa, dari informasi yang ada di webs, Hexlox ini hanya bisa bekerja dengan steel hex bolts, karena prinsip kerjanya menggunakan magnet untuk membuat Hexlox stay still di dalam hex bolts.


Dengan bobot dibawah 2g untuk setiap Hexlox, anti rust protection dan secure number id, nampaknya Hexlox layak untuk dipertimbangkan sebagai kunci tambahan untuk mengamankan sepeda anda.

Saat ini Hexlox masih mengumpulkan dana via kickstarter.com, mari kita tunggu bersama retail versionnya beredar. Semoga saya punya kesempatan untuk mendapatkan samplenya. 

Info: http://www.hexlox.com/



Ride On!


No comments: