Pages

Thursday, 31 March 2016

Near Collapse Experienced



Setelah berhenti bersepeda selama kurang lebih 1 bulan (karena sakit dan cuaca yang kurang mendukung), hari ini saya memutuskan untuk mulai bike to work lagi. Bike to work ini juga merupakan bersepeda perdana di tahun 2016. 

Dua hari yang lalu, Browniee sudah diperiksa dan dipersiapkan untuk commuting. Pakaian, tools dan perlengkapan lainnya juga sudah ready to use. Bahkan ini pertama kalinya saya bersepeda ke kantor nyaris tidak menggunakan tas sama sekali. 

Bangun, sarapan jelly beberapa potong dan minum susu coklat, langsung berangkat. Ritme gowes sengaja saya atur supaya santai. Saya paham, tubuh ini perlu adaptasi lagi setelah 1 bulanan tidak dipakai untuk bersepeda.

Awalnya everything feels good, sampai saya tiba di Cikunir. Ada beberapa tanjakan pendek namun cukup curam di daerah ini. Sebagai bonus, daerah ini jalannya sempit dan cenderung macet, hahahaha. 

Setelah berhasil melewati daerah Cikunir, entah kenapa saya merasa lemas dan penglihatan mulai kabur. Wah, whats wrong with me? Masih terus bersepeda, saya cek HRM menunjukkan angka 168 BPM. Hmm...masih jauh dari batas maksimal heart rate saya, tapi kenapa badan ini terasa tidak nyaman?


Akhirnya saya menepi dan turun dari sepeda, saat itu dada mulai terasa nyeri, pandangan semakin kabur dan pusing. Duh, kacau nih. Maybe rest for a while gonna make me feel good. Duduk selonjoran kaki, minum air dan berusaha menenangkan diri karena rasanya sudah mau kehilangan kesadaran.

Tarik nafas perlahan, atur ritmenya dan angka pada HRM mulai mengecil. Setelah kira-kira 10 menit, HRM menunjukkan angka 95 BPM. Pandangan saya mulai membaik, nafas teratur dan nyeri di dada serta pusing perlahan menghilang, hanya tersisa rasa lemas di seluruh tubuh.

Sempat berpikir untuk kembali ke rumah, namun akhirnya saya teruskan commuting ke kantor. Alhamdulillah, sepanjang sisa perjalanan ke kantor kondisi badan saya feel good. No dizzy, chest pain and headache.

Pelajaran yang bisa diambil hari ini adalah...respect your body, know your limit.

Ride On!

No comments: