Pages

Friday, 8 January 2016

No Cancel Order? Who Do You think You Are?


Haloo readers

Welcome to 2016

Mengawali posting perdana di 2016, kali ini saya ingin mengkritisi peraturan/kesepakatan jual beli online yang menurut saya tidak customer satisfaction oriented.

Sebagai cyclist yang sering belanja online, belakangan ini saya sering menemukan peraturan/kesepakatan jual beli dari seller yang membuat saya (customer) mengurungkan niat belanja di seller tersebut. Coba lihat salah satu peraturan/kesepakatan jual beli di bawah ini:

.......Tersedia pilihan warna: White,Black,Blue,Green,Pink.
*Harap cantumkan pilihan warna pada keterangan order,jika tidak akan diberikan random.
*Jika memesan warna/model yg tidak tertulis di deskripsi atau warna yang diinginkan tidak tersedia akan diberikan warna random yg ready stock,tidak bisa cancel order/komplain.........

Apa yang readers rasakan saat membaca penggalan peraturan/kesepakatan jual beli diatas?

Saya merasakan ada pemaksaan kehendak dari seller saat buyer sudah memutuskan untuk berbelanja di tokonya. 

Seller menyatakan menyediakan barang dengan pilihan warna White, Black, Blue, Green, dan Pink. Nah, jika saya order barang warna hitam serta putih sebagai alternatif ternyata tidak tersedia, adalah hak customer untuk membatalkan order jika barang yang diinginkan tidak tersedia. 

Siapa yang mau membayar barang yang tidak ia inginkan?

Saya tidak tahu apa latar belakang beberapa seller online membuat peraturan/kesepakatan jual beli online seperti itu, yang jelas saya sama sekali tidak berkenan dengan peraturan tersebut. 

Lebih baik saya membeli barang di seller lain dengan harga yang lebih mahal tapi sellernya tidak memaksakan kehendak jika barang yang dia iklankan tidak tersedia saat saya order.

Bagi readers yang mau berbelanja online...baca baik-baik deskripsi serta peraturan/kesepakatan jual beli dari seller. Jangan sampai T&C-nya merugikan hak-hak readers sebagai customer. Bagi seller yang punya peraturan seperti diatas, coba pertimbangkan kembali terms and condition anda. 

Mungkin ada banyak calon customer yang seperti saya.

No comments: