Pages

Thursday, 13 August 2015

What Are You Looking For?

Setiap cyclist mungkin mempunyai jawaban yang berbeda-beda dari pertanyaan diatas. Mulai dari memang hobi, memperluas jaringan pertemanan, mencoba sesuatu yang baru dan banyak lagi alasan lainnya. Apapun alasan anda bersepeda, sebaiknya jangan pernah melupakan bahwa olahraga bertujuan untuk menyehatkan anda, bukan membuat anda sakit.


Sehat dan sakit disini bukan hanya sebatas jasmaniah, tapi lebih luas lagi, di seluruh aspek kehidupan anda. Apakah karena nafsu upgrade parts membuat tagihan kredit card anda melonjak tidak terkendali? Apakah karena gran fondo atau century ride, anda tidak punya waktu untuk memperhatikan kondisi rumah anda sendiri? Apakah pasangan atau teman-teman anda mulai protes karena anda jarang ada untuk mereka?

Jika anda mengalami salah satu atau mungkin semua hal diatas, tampaknya anda sedang "sakit". Merupakan hal yang wajar saat seseorang mempunyai kesenangan baru, dia seolah-olah tenggelam di dunianya sendiri, namun hal tersebut ada batasnya. Pada awalnya lingkungan anda mungkin tidak mempermasalahkan hal itu, namun lama kelamaaan pasti akan ada feedback negatif jika anda terus menerus "tenggelam".

Saya punya teman cyclist yang sudah berkeluarga, suatu hari dia dibelikan sebuah buku oleh istrinya, kalau tidak salah judul bukunya "Sabtu Bersama Ayah", buku itu seolah-olah sindiran sekaligus teguran bagi-nya. Kenapa? Karena pada saat itu, teman saya sering sekali sepedahan dengan durasi waktu yang lama hampir setiap akhir minggu, bahkan kadang acara keluarga di akhir minggu yang harus mengakomodir kegiatan bersepedanya :D.


Berbeda lagi dengan teman saya yang lainnya, entah kenapa, dia susah sekali memakai satu sepeda dalam durasi yang lama, dalam jangka waktu singkat, pasti ada saja parts atau frame baru yang dibeli, bisa dibilang teman saya ini seperti hobi utak-atik sekaligus upgrade the whole parts. Dia sendiri mengakui bahwa budgeting untuk sepedanya sering kali melebihi pagu, tentu saja ini tidak sehat jika dibiarkan terlalu lama.

Sepeda hanyalah salah satu alat buatan manusia untuk transportasi, olahraga sekaligus berekreasi. Jangan rusak hidup anda karena senang bersepeda. Masih banyak hal lain yang bisa anda temukan dan rasakan jika anda mau membuka diri serta sedikit merelakan waktu bersepeda anda. 

Psstt..apakah saya pernah mengalami salah satu dari 3 hal diatas? Jawabannya, pernah. Don't fall in the age of darkness like me, feedbacknya sangat tidak menyenangkan,  trust me.

Last, cycling it's should gonna be fun without worry and complain! Are you agree with me?



#gowesaja
Ride bike, not the price


No comments: