Pages

Tuesday, 18 August 2015

Stupid Hell!! Makin Crowds on Accident/Crime Scene

Hari ini saya merasakan kemacetan yang luar biasa saat berangkat kerja.

Kemacetan berlangsung mulai dari setelah perempatan Pondok Kelapa sampai dengan pertigaan Buaran. Hell, jarak tidak sampai 2km harus ditempuh dengan waktu 20 menit! 

Kemacetan hari ini termasuk abnormal, karena biasanya waktu yang dibutuhkan untuk berjalan menggunakan sepeda motor dari perempatan Pondok Kelapa sampai dengan pertigaan Buaran hanya 3-5 menit.

Sambil mengutuk kemacetan, saya sekaligus penasaran, ada kejadian apa sih yang membuat macet seperti ini?

Jawaban atas pertanyaan saya mulai menampakkan hidungnya saat saya melihat satu mobil SAR terparkir di sisi kanan jalan. Sambil menahan pegalnya tangan yang berulang kali menarik tuas kopling saya coba melihat ke sisi kiri jalan. Oh my.....tampaknya di Kalimalang ada accident/crime scene.

Mungkin ada orang yang tenggelam atau mayat terapung atau apalah...saya tidak peduli. Masyarakat dengan enaknya memarkirkan motor bahkan mobil mereka di sisi kiri jalan, berlomba mengeluarkan HP-nya untuk memfoto kejadian. Tampaknya saat ada Accident/Crime Scene, semua tempat sah untuk parkir kendaraan.

Dua orang polantas yang berada di tempat kejadian hanya bisa melambai-lambaikan tangan sambil sesekali berkomunikasi via HT. Tidak ada efeknya sama sekali untuk mengurai kemacetan.


Dari kejadian hari ini, saya jadi ingat, hampir di setiap accident/criminal scene, masyarakat sudah pasti selalu berbondong-bondong menuju tempat kejadian. Mau apa mereka? Menolong? Hanya segelintir yang niatnya mau menolong. Mayoritas masyarakat menuju tempat kejadian karena PENASARAN dan ingin MENONTON!! Ada juga yang berniat mencari kesempatan dalam kesempitan.



Tampaknya banyak masyarakat kita punya banyak waktu luang, kurang hiburan dan tentu saja kurang edukasi. Bukankah sering kita saksikan di televisi maupun media cetak/online, penanganan suatu kejadian terhambat karena kerumunan massa?

Massa berkumpul hanya untuk menonton, mempersulit petugas dan membuat macet jalan di lokasi kejadian. Menurut saya perilaku masyarakat yang seperti ini termasuk BODOH, TIDAK PRODUKTIF DAN MERUGIKAN ORANG LAIN.

Jika anda ingin menolong ataupun mendokumentasikan kejadian, tolong parkir kendaraan anda di tempat yang proper. Lokasi kecelakaan dan kriminal bukan objek tontonan dan wisata gratis!!


No comments: