Pages

Thursday, 9 July 2015

BIB vs Short



BIB vs short, mana yang lebih baik? Sebagai informasi, saya sejak awal main sepeda sudah terbiasa menggunakan short. Harganya yang relatif murah dan mudah dijumpai di pedagang menjadi alasan utama memilih short daripada BIB. 

Saat itu saya juga berpikir buat apa menggunakan BIB? Seperti short dikasih suspender, hahahaha. Hal itu mulai berubah saat komunitas yang saya ikuti, Tim Mawar, ingin membuat jersey set (jersey+short/BIB). Saat vote untuk menentukan BIB/short, 80% anggota memilih BIB sebagai bawahan. Ok, saya mengalah dan mengikuti suara mayoritas.



Setelah jersey sudah jadi, saya mulai berkenalan dengan BIB, pertama kali menggunakannya terasa aneh, mirip seperti menggunakan celana dengan suspender. Saya penasaran kenapa teman-teman lebih suka pakai BIB daripada short, tentunya harus ada nilai plusnya kan? Akhirnya saya coba BIB tersebut pertama kali untuk latihan di trainer.

Tidak lama untuk merasakan nilai plus dari BIB, tidak ada lipatan celana di perut, dan saya tidak takut celana melorot sewaktu-waktu. Rasanya menggunakan BIB lebih firm daripada short. Namun, dibalik kelebihan pasti ada minusnya juga, Sepertinya sulit untuk kencing saat menggunakan BIB tanpa membuka jersey, selain itu perbedaan harganya juga signifikan dibandingkan dengan short.


Dari plus minus diatas, saya yang awalnya senang menggunakan short akhirnya beralih menggunakan BIB, faktor kenyamanan lebih mendominasi dibandingkan harga dan praktikalitas.
 
Goodbye short, welcome BIB


#gowesaja

No comments: