Pages

Thursday, 11 June 2015

Folding Bike Issue: Right Weapon For Your Commuting Or No?

Dibandingkan beberapa tahun lalu, sepeda lipat mulai jarang terlihat saat ini. Hanya segelintir cyclist yang masih menggunakan sepeda lipat-nya. Kebanyakan sudah menjual sepedanya, dijadikan sepeda untuk anaknya, atau bahkan dibiarkan berdebu di gudang.

Brompton
Apakah sepeda lipat akan punah dari Indonesia? Saya rasa tidak, pelan tapi pasti sepeda lipat menemukan penggemarnya sendiri, merk-merk sepeda lipat premium seperti Brompton, Bike Friday sering terlihat wara-wiri di event CFD Jakarta. Bahkan beberapa waktu lalu, teman TS sempat berniat membeli Tyrell, sayang niat tersebut batal diwujudkan.

Pertanyaan besarnya adalah, kenapa cyclist jarang terlihat menggunakan seli untuk commuting? Apakah seli tidak cocok untuk commuting di Indonesia?

Mari kita lihat dari beberapa aspek yang umum:

1. Jarak tempuh

Dengan diameter roda yang kecil 16/20" tentunya penggunaan seli untuk jarak jauh perlu dipertimbangkan lagi, bukan berarti saya mengatakan seli tidak bisa untuk jarak jauh, namun penggunaan roda diameter kecil tidak efisien dalam segi tenaga. Jarak terjauh yang pernah saya tempuh dengan seli 20" adalah 45km/hari

2. Kompatibilitas dengan angkutan umum

Bawa seli ke angkot, bus maupun krl? Sampai saat ini masih terbatas konsep. Okupansi penumpang pada angkutan umum saat jam berangkat dan pulang kerja sangat luar biasa. Hampir tidak mungkin membawa seli di krl pada happy hour.

Folding Bike admin di KRL CL

3. Special parts

Sepeda yang digunakan untuk commuting harus durable dan mudah didapat partsnya. Celakanya, beberapa pabrikan seli menggunakan special parts pada seli buatan mereka, contoh, hub Dahon, Brompton, Hasa, menggunakan OLD 74mm, hub dengan OLD seperti itu hanya sepeda lipat yang menggunakannya. 

Kinetic Hub For Dahon
Jika terjadi trouble, bisa panas dingin mencari partsnya, kalaupun tersedia di Indonesia, harganya mahal sekali. Hal tersebut tentunya akan menjadi pertimbangan tersendiri untuk menggunakan seli sebagai sepeda commuting.


Jika anda mau menggunakan sepeda lipat untuk commuting, pertimbangkanlah 3 hal diatas. Jika anda bisa berdamai dengan 3 kondisi diatas, happy go folding!! Jika tidak, masih ada tipe sepeda lain yang cocok untuk commuting anda.


Keep cycling and have fun! 

No comments: