Pages

Sunday, 14 June 2015

Folding Bike Issue: Adjustable Handlepost Or Fixed Handlepost

Dalam membeli sepeda lipat, banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Terutama jika anda akan menggunakan sepeda itu untuk commuting. Jangan sampai sepeda lipat anda fancy and looking good namun sucks when perform.

Adjustable vs fixed handlepost

Pada artikel ini, saya akan membahas tipe handlepost pada sepeda lipat. Secara umum, handlepost pada seli dibagi menjadi 2 tipe, adjustable dan non-adjustable. Mana yang lebih baik? Simak pemaparannya di bawah ini:

1. Adjustable Handlepost (teleskopik)


Tipe yang umum dijumpai, mulai dari seli low end sampai high end menggunakan handlepost seperti ini. Kelebihan dari adjustable handlepost adalah adjusment ketinggian handlebar sangat mudah dilakukan, hal ini baik bagi anda yang mempunyai masalah pada pinggang/punggung, mau seli anda bisa dipakai juga oleh anak anda, maupun anda yang senang jalan santai menggunakan sepeda. Namun, perlu diperhatikan bahwa adjustable handlepost mempunyai kelemahan yang cukup signifikan, yaitu getaran serta unwell feeling saat digunakan. Model teleskopik membuat penguncian hendlepost bagian atas tidak bisa terlalu kuat, too tight make them crack, too loose make them swing. In moderate clamp force, its still leave a little swing when your folding bike meet a bump. IMO, penggunaan adjustable handlepost tidak cocok bagi anda yang suka riding fast.


2. Fixed Handlepost

Tipe handlepost seperti ini biasa dijumpai pada seli mid-high end, handlepost hanya bisa dilipat dan tidak bisa diatur ketinggiannya. Kelebihan dari handlepost ini adalah meminimalisir uneasy feeling dan swing pada handlebar, absennya handlepost clamp juga membuat seli dengan handlepost ini lebih efisien dari segi bobot, saat digenjot dengan kuat, swing di handlebar terasa minim dan terasa lebih planted dibandingkan menggunakan adjustable handlepost. Namun, tentu saja, pemakaian seli ini akan menjadi terbatas, tidak bisa dipakai anak kecil, dan cyclist yang senang dengan upright position riding.


Nah, silahkan dipertimbangkan baik-baik pemilihan handlepost sepeda lipat anda, ingat, mencari handlepost seli di Indonesia cukup sulit, tidak banyak toko yang menjual handlepost berkualitas. Pilihannya pun sangat terbatas.

So, think twice before decided.


Keep Cycling and Have Fun!!

No comments: