Pages

Friday, 12 June 2015

Folding Bike Issue: 16" vs 20" Which One Better For You?

Secara umum, ada dua tipe sepeda lipat yang beredar di Indonesia, seli dengan 16" wheels dan seli dengan 20" wheels. Keduanya mempunyai perbedaan dari segi diameter roda yang digunakan. Perbedaan diameter roda ini mempunyai pengaruh yang signifikan dalam penggunaannya untuk kegiatan sehari-hari. 



Bagi anda yang sedang menimbang-nimbang seli untuk commuting, jangan sampai salah pilih wheel size. Pada artikel ini, saya akan membahas perbedaan performa antara seli 16" dengan 20" secara umum.


1. Seli 16"

Brompton 16" folding bike

Menggunakan roda dengan diameter 16", menawarkan dimensi folding yang sangat compact, lebih mudah dibawa-bawa ke dalam angkutan umum. Cocok bagi anda yang mix commuting menggunakan sepeda dengan moda transportasi umum.

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan ban dalam dan ban luar. Pastikan anda selalu punya stock kedua jenis ban tersebut karena ban 16" tidak tersedia di semua toko sepeda.

Folding bike 16" on a bus
Dari segi parts, kebanyakan seli 16" menggunakan single speed atau internal gear hub, hal ini dapat dipahami, dengan diameter roda 16" tentunya riskan memasang RD dengan menggunakan short cage sekalipun. 

Kesimpulan akhir: Ringkas, sederhana, namun perlu punya persediaan ban dalam dan ban luar.


2. Seli 20"

Dahon, 20" folding bike
Menggunakan roda dengan diameter 20", menawarkan performa yang imbang antara dipakai cruising speed maupun kompatibilitas dengan moda transportasi umum. Di Indonesia, tampaknya hanya kereta api moda transportasi yang paling nyaman digunakan saat anda membawa seli 20". Desain bus maupun angkot disini masih terlalu sempit untuk seli 20".

20" folding bike on public transportation
Stock ban dalam maupun ban luar melimpah, namun tidak ada salahnya selalu stock ban dalam cadangan di rumah. Drivetrain mudah untuk diupgrade atau mix and match, karena masih bisa menggunakan RD mid cage dengan aman. Pilihan merk dan tipe pun jauh lebih banyak dibandingkan seli 16".

Kesimpulan akhir: Tidak terlalu ringkas, enak untuk diupgrade, dan bisa dipakai ngebut!


Silahkan dipertimbangkan sebelum membeli sepeda lipat impian anda. Different wheel size different strategy to do.


Keep cycling and have fun!

No comments: