Pages

Monday, 2 February 2015

Simply Hack: Seat Tube Fender

Bermula dari melihat downtube fender yang tergeletak menganggur di box part kategori "tidak terpakai/Siap dihibahkan" mulai muncul ide untuk memanfaatkan downtube fender tersebut untuk fender sepeda saya.

Celingak-celinguk, semua sepeda saya sudah menggunakan fender, wah, kira-kira bisa saya pakai buat apa downtube fender ini? Hmm.....

Think...

and...

Aha! Iseng membayangkan downtube fender ini jadi seat tube fender. Mulai lihat-lihat ke arah sepeda saya lagi, mmm....di semua sepeda saya yang multi gear tampaknya agak sulit untuk mengaplikasikannya karena ada kabel FD di belakang seat tube. Lalu teringat si Browniee punya seat tube yang panjang dan tidak ada kabel FD.

Oke, calon sepeda yang akan dipasangi fender sudah ada, sekarang tinggal memikirkan bagaimana cara attachmentnya. Downtube fender ini awalnya menggunakan cable ties untuk attachment, namun saya malas menggunakan cable ties lagi, karena repot untuk dibongkar pasang dan boros. Akhirnya saya memutuskan menggunakan velcro untuk sarana attachment-nya.

Ambil cutter, dan mulai membuat lubang yang seukuran dengan velcro. Easy task. Setelah beberapa menit bermain dengan cutter akhirnya velcro strap terpasang di fender ini. Waktunya uji coba and the result is.....well silahkan nilai sendiri, wkwkwkwk.



Bahan yang dibutuhkan:

1. Downtube fender plastik
2. Velcro strap 2 buah

Peralatan yang dibutuhkan:

- Cutter/gunting

Persyaratan lainnya:

1. Aplikasi ini hanya bisa dilakukan pada sepeda dengan seat tube lurus, untuk seat tube yang melengkung mungkin bisa menggunakan bahan neoprene

2. Paling mudah diaplikasikan pada sepeda yang tidak menggunakan FD atau menggunakan FD down pull

3. Jika spacenya tidak memungkinkan menggunakan downtube fender secara penuh, anda bisa potong-potong downtube fender tersebut sampai sesuai :D

4. Perhatikan juga apakah paha atau betis anda mengenai seat tube fender atau tidak, jika kena, silahkan potong-potong juga untuk disesuaikan :D




Run with fats, not oils

Ride On!

No comments: