Pages

Tuesday, 10 February 2015

Buying 2nd Hand Bicycle


Bagi sebagian orang, memiliki sepeda baru mungkin hanya sebatas mimpi. Ada juga yang merasa sayang mengeluarkan uang untuk membeli sepeda baru. Sepeda bekas menjadi pilihan yang mearik dan affordable bagi mereka.

Layaknya membeli barang bekas, akan jauh lebih baik jika anda memiliki knowledge seputar sepeda agar anda tidak kecewa. Selain pengetahuan dasar, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempermudah anda mendapatkan sepeda bekas yang sesuai, here they are:

1. Persempit pencarian anda

Sepeda ada berbagai macam tipe, tentukan dulu tipe sepeda apa yang anda inginkan, apakah road bike, hybrid atau MTB? Lanjutkan dengan membuka situs-situs jual beli seperti bukalapak.com atau kaskus.id, anda bisa komparasi harga dan menemukan penjual yang menyediakan sepeda bekas.

2. Cek kondisi frame

Sedikit baret atau ada sebagian kecil cat yang terkelupas adalah hal yang wajar, periksa kondisi frame di bawah BB dan sambungan-sanbungannya, biasanya di bagian-bagian tersebut terdapat retak atau bend (frame melengkung atau miring). 

3. Cek kondisi drivetrain, roda dan suspensi

Setelah anda melakukan pemeriksaan pada frame, tiba gilirannya anda cek kondisi drivetrain, roda dan suspensi. Perhatikan dengan seksama apakah drivetrain mata gear-nya masih tumpul, shifter, RD dan FD masih berfungsi normal/tidak? Lanjutkan dengan cek roda, sedikit speleng its ok, asalkan bukan rim-nya yang miring. Terakhir, cek kondisi suspensi atau fork. perhatikan apakah ada oli yang luber, dan fitur-fitur yang terdapat pada suspensi (lockout, preload, rebound dll.) masih berfungsi dengan baik atau tidak?

4. Cek Feedback

Jika anda akan membeli sepeda bekas dari situs online seperti bukalapak atau kaskus, anda bisa cek reputasi sellernya, selain itu pertimbangkanlah untuk menggunakan rekening bersama saat transaksi agar seller nakal tidak dapat menipu anda. Jika anda ragu, tinggalkan FJB online dan carilah sepeda bekas di toko-toko sepeda lokal.

5. Final set

Oke, anda akhirnya anda punya sepeda, segera bawa ke bengkel sepeda dan lakukan tuning pada sepeda anda, meliputi setting drivetrain dan truing wheelset. Selama anda disana, cek kondisi ban dan grip/bar tape, ganti jika dua part tersebut sudah worn out. Selanjutnya anda tinggal set-up 3 parts yang berpengaruh terhadap kenyamanan anda, yaitu stem, handlebar dan saddle. Ganti jika 3 parts tersebut tidak sesuai dengan anatomi tubuh anda.


Well done, you have a bicycle now!

Strap your helmet and Ride On!




This article based from Bicycling 

No comments: