Pages

Wednesday, 25 February 2015

Bicycle & Parts Buying Guide Part 2

Mari kita lanjutkan pembahasan tentang Bicycle & Parts Buying Guide, pada artikel ini saya akan membahas tentang harga sepeda maupun partsnya. Mungkin sebagian orang merasa bingung dengan harga sepeda yang variatif, mulai dari ratusan ribu sampai seharga rumah pun ada. Pilihan parts yang sangat banyak, diikuti dengan banyaknya penjual kadang membuat kita bingung. Sebenarnya berapa sih harga parts yang kita butuhkan?

Price Tag

Let say, anda sudah memiliki knowledge tentang sepeda/parts yang anda butuhkan, sekarang waktunya anda updating retail price dari sepeda/parts tersebut. Sebagai rujukan harga, sama saja seperti cara anda update knowledge, tanya teman, jalan-jalan ke toko sepeda, dan googling. Since tour de shop membutuhkan waktu dan biaya yang lumayan tinggi, saya akan share beberapa situs rujukan saya dalam cek harga, here they are:

1. FJB sepeda di kaskus.id

2. FJB sepeda di cycling-id.com

3. bukalapak.com

4. chainreactioncycles.com

5. e-bay.com

Dari beberapa site yang share diatas, anda bisa survei harga parts. Dengan melakukan survei dan komparasi, anda punya base dalam budgeting maupun melakukan penawaran terhadap barang yang dijual. Jangan sampai anda beli barang 2nd tapi seharga barang baru atau, membeli parts dengan harga berlipat-lipat dari retail price pada umumnya.

Banyak pedagang yang jujur dan beretika, namun tidak sedikit pula yang suka mark up harga/flipping berlebihan dan menipu konsumennya. Hati-hatilah saat berbelanja, jangan sampai uang anda habis diperas oleh penipu atau pedagang yang serakah.

Nah, anda sudah punya rujukan dalam survei harga, sekarang waktunya kita bahas discount area. Potongan harga adalah kata-kata yang paling disukai konsumen (namun dibenci pedagang :D). Dalam hal ini anda juga harus hati-hati, jangan sampai anda merasa medapatkan potongan harga padahal harga tersebut sudah di mark up dulu beberapa waktu. Lagi-lagi, kunci dari hal ini adalah rajin survei harga dari waktu ke waktu.

Retail sepeda besar biasanya menawarkan fasilitas member card, pemegang member card akan mendapatkan potongan harga atau fasilitas tertentu dibandingkan dengan konsumen non-member. Apply-lah member card tersebut jika anda sering belanja atau mau coba berdagang kecil-kecilan.

Berburu Discount

Retail sepeda seperti rodalink, rutin men-diskon produk yang mereka jual, diskon tersebut ada yang berlaku bagi umum maupun member. Setiap 2 bulan sekali barang-barang yang mereka diskon akan berubah.

Untuk toko sepeda, biasanya mereka akan diskon besar-besaran jika:

1. Mau tutup.

Tapi hati-hati dengan toko sepeda level menengah ke atas, biasanya retail price mereka lebih tinggi daripada retail price pada umumnya. Saat di potong pun harganya bisa jadi sama dengan harga pada umumnya.

2. Pergantian tahun.

Barang baru masuk, barang lama harus keluar, potongan harganya cukup menggiurkan, bisa terkoreksi sampai belasan bahkan puluhan juta rupiah. Potongan harga besar biasanya berlaku pada fullbike maupun parts level atas.

3. Mendekati perayaan hari-hari besar/tahun ajaran baru

Menjelang lebaran, natal dan tahun ajaran baru biasanya ada potongan harga yang lumayan. Berkisar antara 10%-20%.

Now, you got a knowledge and retail price. 

Happy shopping, but remember... Sepeda yang bagus adalah sepeda yang dipakai, bukan dipajang.


Ride On!

No comments: