Pages

Monday, 16 February 2015

Bicycle & Parts Buying Guide Part 1

Berawal dari percakapan dari forum di cycling-id.com, saya disadarkan bahwa ternyata belum ada guidence bagi newbie dalam berbelanja sepeda atau part-partnya. Buyer guide bagi newbie tentu sangat dibutuhkan, apalagi yang mempunyai dana sangat terbatas, salah beli parts atau tertipu mendapatkan parts dengan harga jauh diatas harga pasar tentu sangat menyebalkan. Dana yang dikumpulkan dengan susah payah menjadi sia-sia.

Di article ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam belanja sepeda maupun partsnya selama 4 tahun lebih. Last, semoga artikel berseri ini membantu anda menjadi smart buyer. Here they are:

Knowledge

Suka atau tidak suka, anda harus belajar. Semakin hari teknologi pada sepeda semakin kompleks. Sepeda yang tadinya merupakan alat mechanical sederhana sekarang dijejali berbagai parts hidrolik maupun elektronik. Seakan belum cukup rumit, material serta jumlah speed yang berbeda-beda membuat range pemilihan parts semakin luas.

Anda wajib mencari tahu tentang parts atau sepeda yang anda inginkan, jangan sampai anda beli roadbike namun tinggal di daerah dengan banyak jalan rusak, atau beli fixed gear padahal anda tinggal di daerah berbukit. Itu baru dari jenis sepeda, akan semakin rumit lagi saat bicara kompatibilitas parts, misalkan karena anda hanya tahu fork itu bentuknya sama semua, jadilah anda beli fork dengan steerer tappered padahal frame anda menggunakan fork steerer oversize. Hehehehe.

Knowledge tentang sepeda bisa anda dapatkan dari berbagi sumber, seperti teman, googling, e-book, majalah maupun penjaga toko. Pastikan sepeda atau parts yang akan anda beli kompatibel dan sesuai dengan kebutuhan anda. Wajib hukumnya untuk updating knowledge anda terus menerus. Dengan update knowledge anda bisa mendapatkan parts yang value for the money maupun memprediksi ketersedian parts sepeda anda di masa yang akan datang.

Mau contoh? Misalkan kita update knowledge tentang teknologi sepeda. Shimano punya kebiasaan untuk menurunkan teknologi pada level groupset teratasnya ke groupset level menengah maupun entry level selang 1-2 tahun setelah release, mean's, electronic shifter yang saat ini hanya tersedia pada groupset Dura-Ace serta Ultegra (XTR di MTB) mungkin bisa kita dapatkan di groupset 105 1-2 tahun yang akan datang, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Nah, dengan knowledge tersebut tentunya anda bisa memilih, mau beli saat ini dengan harga yang mahal atau sabar menunggu sampai electronic shifting dirilis pada groupset level menengah? Budget wise talk's here.

Berikut ini beberapa situs rujukan saya dalam update informasi maupun belajar tentang sepeda:

1. bicycling.com

2. sheldonbrown.com

3. bikerumor.com

4. bikehacks.com

5. bikeradar.com

6. cycling-id.com

7. Forum sepeda di kaskus.id

Selain situs yang saya tulis diatas, tentu masih banyak situs maupun forum sepeda lainnya yang layak untuk dikunjungi, baik dari dalam maupun luar negri.

Next article: Price Tag

Coming soon


Ride On!

No comments: