Pages

Wednesday, 14 January 2015

Stay Fit in Wet Season

Hujan mulai rutin menyapa Jabodetabek, hampir setiap hari hujan, dan waktu serta durasinya pun berbeda-beda. Namun apakah hal tersebut membuat kegiatan b2w saya terhenti? Hell no! Musim hujan sama seperti musim kemarau, punya tantangannya masing-masing yang bisa diatasi jika kita mau berpikir.


Salah satu hal yang umum terjadi pada musim hujan adalah penurunan daya tahan tubuh. Suhu udara yang cenderung dingin dan basah membuat orang-orang mudah terkena penyakit, seperti batuk, flu dan pilek. Apakah b2w hujan-hujanan akan membuat kita mudah terserang penyakit? Hmm, depends on.Tergantung bagaimana cara anda menyikapi musim hujan itu sendiri.

Sebelum saya share beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga tubuh dan pikiran saya tetap sehat, saya ingin memberikan applause kepada anda, para pembaca, yang tetap b2w walaupun musim hujan.



"One cyclist, its one less oils eater and more space in the roads"


Inilah beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga badan dan pikiran saya tetap sehat selama b2w di musim hujan:

1. Use the rain gear, beberapa orang mungkin berpendapat, bersepeda membuat kita berkeringat, badan dan bajupun akan basah oleh keringat, jadi tidak ada masalah hujan-hujanan, toh sudah basah juga. Well, wrong opinion. Jas hujan yang anda gunakan saat bersepeda tidak lagi berfungsi sebagai pelindung anda dari hujan, tapi lebih berfungsi untuk menjaga suhu tubuh anda tetap stabil. Suhu tubuh yang stabil salah satu kunci menjaga tubuh dan pikiran anda tetap sehat.

2. Banyak minum, Lho? Kan musim hujan, dingin, masa sering minum? Jangan heran, saat suhu dingin, tubuh anda akan melakukan pembakaran lemak lebih banyak untuk menjaga suhu tubuh anda tetap stabil. Pembakaran bisa terjadi karena ada 3 hal utama, yaitu lemak, udara dan air. So, stay rehidrated yourself even in a rain.

3. Tambahkan makanan tinggi energi pada menu harian anda, saya biasanya membawa gula merah saat b2w dengan jarak jauh. Saat musim hujan seperti saat ini, energi dari gula merah terasa sekali membantu melawan hawa dingin dan terpaan angin.

4. Keep yourself warm, masih ada hubungannya dengan point no. 1, selain menggunakan rain gear, anda bisa menjaga tubuh anda tetap hangat dengan mengoleskan minyak kayu putih ataupun minyak tawon pada tubuh anda, oleskan pada dada, perut dan leher. Cukup membantu membuat anda terasa hangat sepenjang perjalanan.

5. Keep yourself dry, ganti semua pakaian basah anda dengan pakaian kering segera setelah anda sampai di tujuan. Pakaian basah akan membebani tubuh dan menguras energi anda.

6. Peace in your mind, its just a rain, So? Masalah buat gue? :D, stay positive thinking saja, terimalah fakta bahwa pada musim hujan jalanan akan becek, licin serta membuat kemacetan di beberapa ruas jalan. Jangan mengeluh, tapi cari solusinya. Masalah akan selesai jika ada solusinya. 


Itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga badan dan pikiran saya tetap sehat selama b2w di musim hujan. Silahkan dicoba, semoga positif hasilnya.


Ngacir gan :D


Run with fats, not oils

Ride On!


No comments: