Pages

Thursday, 29 January 2015

B2W Story: Roadside Repair

Tanggal 28 Januari 2015, jam 18:00 saya bersiap-siap untuk pulang. Saya mulai mengayuh Hemster dengan perlahan, meliuk-liuk melewati kendaraan bermotor, sesekali berjalan kaki dan juga naik turun trotoar. Hemster terus maju menembus kemacetan di sekitar RSCM dan Jatinegara. So far so good perjalanan ini, namun.....Cusssss....ban belakang Hemster bocor di dekat SPBU daerah Pondok Kopi :(


Oke, shit happens, no need to angry, find the solution first.

Hmm..langsung berhenti dan mencari tempat untuk bongkar ban. Dalam mencari tempat untuk roadside repair saya menggunakan prinsip:

"Cuma Kerang Bersih" 

Cukup Aman, Kering, Terang & Bersih

Singkat cerita, saya menuntun Hemster ke SPBU, posisikan ban ada diatas, keluarkan spare ban dalam, tyre lever serta mini pump, saya siap untuk mengganti ban yang bocor. Mulai melepas wheelset belakang dari frame, buka ban luar dan segera cek lokasi kebocoran pada ban dalam. Pompa sedikit dan tangan saya mulai menyusuri ban dalam tersebut sedikit demi sedikit.

Huff, lokasi kebocoran bisa ditemukan dan ternyata pada ban dalam yang menghadap ke rim. Hufftt, bocor pada bagian dalam ini paling menyebalkan, karena penyebabnya bisa macam-macam, bahkan pada beberapa kasus tidak langsung ketahuan apa penyebabnya. 

Ambil wheelset dan mulai cek apakah ada benda tajam di dalam rim. Dilihat, diraba dan dirasakan, :D. dan ternyata...penyebab ban dalam saya bocor adalah rim tape yang bergeser! Rim tape yang bergeser mengakibatkan lubang tempat jari-jari terbuka sehingga ban dalam melesak masuk dan sobek. Haduh, saya bingung apa peyebab rim tape ini bergeser, padahal rim tapenya baru 3 bulan yang lalu saya ganti dan tekanan angin pada ban juga selalu saya jaga pada kondisi optimum.

Maybe just a bad luck.

Oke, langsung perbaiki posisi rim tape, pasang ban dalam dan ban luar, pompa dan wheelset belakang terlah terinstall kembali. Bereskan peralatan, cek sekali lagi apakah ban belakang tidak bocor dan saya lanjutkan perjalanan pulang dengan berdoa agar tidak ada kejutan lainnya yang menanti.



Clue of the story:

1. Cari tempat untuk roadside repair dengan prinsip "Cuma Kerang Bersih" 

2. Selalu bawa multi tools, tyre lever, pompa dan ban dalam cadangan saat bersepeda

3, Pelajari dan latihlah kemampuan anda untuk bongkar pasang ban, ban bocor adalah masalah yang biasa dialami dan bisa terjadi kapan saja dimana saja


Run with fats, not oils

Ride On!


1 comment:

Alone ranger said...

Halo
Saya punya beto mini pump. Tiap mau saya isi ke pentil schrader, kok tidak bisa gigit ya, saat ujungnya saya tekan ke bawah.
Pernah mengalami hal yang sama?