Pages

Monday, 19 January 2015

B2W long distance: Its Not a Speed Issue

Setelah melakukan beberapa kali percobaan b2w dengan jarak yang cukup jauh (60km back and forth), saya mendapatkan beberapa pelajaran. Salah satu pelajaran yang saya dapat adalah, b2w dengan jarak jauh orientasinya adalah endurance, bukan kecepatan.

Why? Mungkin pengalaman saya bisa menjelaskan hal tersebut. Saya melakukan percobaan b2w jarak jauh dengan target dapat melakukan hal tersebut selama 2 hari berturut-turut. Pada percobaan 1-4 saya gagal melanjutkan b2w pada hari kedua. Penyebabnya ada beberapa, tapi yang paling parah, saya masih merasakan pegal-pegal pada betis dan paha di pagi hari setelah sehari sebelumnya melakukan b2w jarak jauh.




Pada percobaan 1-4 saya cenderung menggunakan kombinasi big gear pada chainring dan mid gear pada sprocket saat jalanan kosong, dan menggunakan kombinasi mid gear pada chainring maupun sprocket saat jalanan padat/resting. Pada percobaan ke 5, saya merubah pola/pace bersepeda saya. Saya menggunakan kombinasi mid gear pada chainring maupun sprocket saat jalanan padat/resting maupun saat jalanan kosong. Tentu saja avs menurun, tapi yang mengejutkan, waktu tempuhnya tidak mengalami perbedaan yang signifikan.

Dari data di strava, terlihat bahwa pada percobaan 1-4, setelah menggunakan  kombinasi big gear pada chainring dan mid gear pada sprocket saat jalanan kosong, saya cenderung lebih lama resting-nya. Hal yang wajar, setelah push dengan ratio besar tentu saja saya perlu recovery, nah waktu recoverynya ini jadi panjang :D.




Nah, setelah melakukan percobaan ke 5 ternyata saya bisa bangun keesokan paginya tanpa merasakan nyeri atau pegal pada otot betis dan paha (Yeayyy!!) Langsung b2w lagi pada hari kedua dan ternyata saya survived. Huff....

Bisa b2w jarak jauh 2 hari berturut-turut
Mulai sejak itu, jika saya b2w/bersepeda menempuh jarak yang jauh saya pilih jaga pace saja pada kombinasi gear yang nyaman, tidak ada lagi speed burst saat tanjakan atau sprint saat lihat jalan kosong. 


Dont waste your energy and strain your muscle in single ride, think about your ride tomorrow.


Run with fats, not oils.

Ride On!



4 comments:

Gustar Mono said...

Sharing aja Oom

https://www.facebook.com/Ronin.rides/posts/10153074165262265

Decky Putra said...

Artikelnya bagus om Gustar Mono, mudah dipahami :).

Anonymous said...

Jadi sekarang sudah tiap hari B2W ya? Mantap

Decky Putra said...

yang jarak jauh baru 2 hari om