Pages

Friday, 23 January 2015

B2W Long Distance: Every kg Count

Jika pada artikel sebelumnya saya membahas tentang pace, pada artikel kali ini saya akan membahas pengalaman membawa beban saat b2w. Membawa tas (apapun bentuknya) merupakan hal yang lazim dilakukan oleh para b2w-ers. Biasanya isi tasnya tidak jauh dari gadget, charger, baju ganti dan perlengkapan mandi, beberapa rider bahkan membawa laptop juga.


Jika jarak yang anda tempuh saat b2w cukup dekat, bawaan sebanyak dan seberat itu mungkin tidak terlalu jadi masalah. Namun saat b2w dengan jarak yang jauh, hal tersebut akan menjadi masalah. Bayangkan anda membawa beban seberat 5kg pada punggung anda, 10km pertama you feel nothing, in next km you will feel something :D. 

Bahu pegal dan pinggang nyeri merupakan hal yang common bagi cyclist yang menggunakan backpack atau messenger bag untuk membawa barang. Bagaimana dengan cyclist yang menggunakan pannier? Kaki-lah yang akan merasakan beban tersebut, betis dan paha pegal biasanya terjadi.


So? Mungkinkah anda b2w tanpa membawa tas sama sekali? Rasanya tidak mungkin terjadi. Namun ada banyak solusi untuk mengurangi beban yang anda bawa setiap hari, silahkan cek daftar di bawah ini, mungkin ada yang bisa anda gunakan.

1, Tinggalkan peralatan mandi di kantor, extra cost setiap bulan untuk membeli peralatan mandi tambahan, namun beban bawaan anda akan berkurang.

2. Pack and drop suit in your office, anda tidak perlu setiap hari membawa baju kantor, jika anda tinggalkan baju kantor untuk seminggu, anda hanya akan mendapatkan beban tambahan baju kotor saat pulang saja. Jika anda mau melakukan ini berarti minimal anda menggunakan kendaraan bermotor 1 minggu sekali untuk membawa pakaian tersebut.

3. Leave your laptop, jika anda punya laci yang terkunci, tinggalkan saja laptop di laci tersebut. Lagipula, membawa laptop kerja ke rumah akan membuat waktu istirahat anda di rumah tidak maksimal :P. Point ini akan mengurangi bobot bawaan anda secara signifikan.

4. Strip unnecessary parts from your bike, beban yang anda bawa saat bersepeda itu bisa dibagi jadi 3 hal, beban tubuh anda sendiri, beban tas beserta isinya dan beban sepeda. Dari 3 hal tersebut yang paling mudah dilakukan adalah point no. 2 dan 3. Jika sepeda anda saat ini penuh dengan aksesoris, coba pikirkan kembali, aksesoris apa yang benar-benar anda butuhkan. Gantungan tag b2w di sadel? Tutup valve dari logam? Shave your bike weight dude, more light its better.

See you next time.



Run with fats, not oils

Ride on peace, save your legs for tomorrow   

3 comments:

Bayu Adhiwarsono said...

Saya menyerah pada pannier :P Sampai-sampai pernah ditanya orang di jalan, dikiranya saya baru touring dari Jawa. Padahal cuma gowes b2w dari cideng ke pulogadung :))

Decky Putra said...

cuek aja om Bayu..wkwkwk...masyarakat memang belum terbiasa lihat sepeda commuter pakai pannier

Bayu Adhiwarsono said...

Saya malah jadi kepikir lain kali kalau ada yg nanya gowes dari mana, saya mau jawab "dari Kebumen". Hahahahaha...