Pages

Thursday, 25 December 2014

Review: Ban Maxxis Larsen Mimo CX 700x32

Ban ini digunakan di WS harian Browniee saat musim hujan dan juga terpasang di rear WS Hemster. Milage sekitar 400 km dengan pemakaian di berbagai kondisi jalan mulai dari aspal mulus, beton sampai jalan berbatu sudah pernah mencium ban ini :D.

Namun ada yang aneh dari ban ini, sizing-nya 700x32 namun saat dibandingkan dengan ban road/commuting Schwalbe Marathon 700x30, ternyata lebih lebar ban Schwalbe Marathon 700x30 daripada Maxxis Larsen Mimo CX 700x32.


Saya tidak tahu, apakah karakter ban CX memang seperti itu atau mungkin Maxxis salah cetak ukuran ban? Hahahahaha, Maxxis Larsen Mimo CX 700x32 ini lebarnya seperti ban road 700x28.

Nah...masuk ke review secara singkat:

1. Rolling resistance

Asphalt mulus terasa cukup berat untuk akselerasi (Tekanan angin max hanya 75 Psi, bandingkan dengan ban road yang tekanan angin Min-nya 90 Psi), namun saat melewati asphalt rusak (gravel) dan beton, slurppp, feel fast :D. 

2. Grip

Dalam kondisi kering tidak ada masalah, aspal, beton, gravel, semua oke. Saat kondisi basah ban ini alergi dengan yang namanya lantai batu, loose grip saat lewat lantai dari batu (contoh, jalanan di sekitar Taman Suropati).

Goyang dombret disini kalau basah :D
3. Durability

400 km without puncture, im lucky hehehehe.Tapi sesuai review di luar negri, knobnya cepat habis, hiks, saat ini ban belakang sudah terlihat mulai habis knob bagian tengahnya. Mungkin setelah 1000 km ban ini sudah perlu diganti.

4. Practical

Seperti ban Maxxis lainnya, ban ini sangat mudah dibongkar-pasang, ramah terhadap tyre lever dan "mengembang" dengan sempurna.

5. Price

Saya beli ban ini sepasang dengan harga Rp400.000, hiks, masih mahal, ternyata ada yang jual dengan harga Rp350.000 sepasang. Jika berminat bisa kontak salah satu sellernya, Immanuel Bikes di Facebook. (FYI saya tidak punya hubungan bisnis lo dengan seller-nya)

Conclusion

Ban ini recommended bagi anda yang punya rute bersepeda melewati gravel maupun beton, Namun jangan berharap ban ini bisa bertahan lama jika digunakan melewati trek seperti diatas. Dengan harga Rp350.000 sepasang, ban ini merupakan ban CX termurah yang saya tahu di Indonesia.


Ride On!

Run with fats, not oils

No comments: