Pages

Monday, 15 December 2014

Petir? Siapa Takut? Saya Takut, Hii....

Salah satu fenomena alam yang membahayakan saat musim hujan adalah petir. Sambaran listrik berdaya sangat tinggi yang terkadang menyambar bangunan, pohon maupun mahluk hidup. Hujan sendiri sudah merupakan tantangan bagi para commuter, jika ditambah petir, bersiaplah untuk segera mencari shelter.



Always bear in your mind, thunder is dangerous and you must find the shelter immedietly. Jika anda menggunakan sepeda/motor, segera parkir dan cari perlindungan di bangunan, jangan berteduh di bawah pohon. Kenapa? Petir biasanya menyambar struktur yang tinggi, jika pohon tempat anda berteduh tersambar petir ada kemungkinan besar anda cedera, entah karena tersetrum atau tertiban pohon yang jatuh. 



Find the safe shelter



1. Cari bangunan dimana anda bisa/diperbolehkan masuk kedalam ruangan, teras ruko atau pertokoan hanya bisa melindungi anda dari hujan, tidak dari kemungkinan tersambar petir.

2. Matikan semua alat elektronik yang anda bawa.

3. Jika anda berteduh di kafe/rumah makan atau tempat apapun yang menyediakan soket listrik, jangan charge peralatan elektronik anda saat petir masih menyambar. Jika bangunan tersebut tersambar petir, dijamin peralatan elektronik yang terpasang pada soket listrik akan rusak karena lonjakan tegangan tiba-tiba, even alat tersebut dalam kondisi mati.

4. Jauhi jendela, jangan bersandar di pintu. Jika memungkinkan duduklah di tempat yang mampu mengisolasi arus listrik, seperti kursi kayu maupun sofa. Gunakan sepatu atau sendal sebagai isolator tambahan.

5. Jangan menyentuh apapun yang terbuat dari metal pada bangunan tempat anda berlindung.


The 30-30 rules



Saat anda melihat kilat menyambar jika terdengar suaranya kurang dari 30 detik, berarti jarak anda cukup dekat dengan petir, segera cari shelter, tunggu sekitar 30 menit sebelum anda keluar dari shelter. Lama ya? Namanya juga cari aman, hehehehe.


The safest to do



1. Selalu pantau perkiraan cuaca sebelum anda keluar rumah

2. Jika memungkinkan, batalkan semua janji anda saat ramalan cuaca mengatakan hujan disertai petir.


Better wet then fried

No comments: