Pages

Thursday, 18 December 2014

EDC (Everyday Carry) Emergency Pack

Be honest, we never know when shit happens to us right? Tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk menghadapi worst situation. Saat ini mulai Indonesia mulai masuk musim hujan. Para commuter akan menghadapi situasi yang snagat menantang dan menyebalkan. Kemacetan total, banjir, akses tertutup dan hujan akan menghiasi hari-hari para commuter di musim hujan.

Who wants that? Nobody, but its a mother nature calls. Prepare or get worst.


So, what is EDC Emergency Pack? EDC Emergency Pack adalah perlengkapan emergency yang selalu dibawa setiap hari untuk memastikan anda bisa survive dalam 1 hari. Lalu, kenapa sih harus report mempersiapkan EDC Emergency Pack? Kan banyak minimarket atau toko?

Yup, di kota besar memang banyak toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, namun, dalam kondisi tertentu terkadang kita tidak bisa menuju ke toko tersebut, misalkan akses jalan ke toko tersebut tergenang air setinggi 2 meter atau akses jalan ke toko tersebut macet total. Anda butuh sesuatu, anda punya uang, tapi anda tidak bisa mendapatkan baraang yang anda butuhkan saat itu juga.

Contoh kasus sederhana, anda terjebak macet total di dalam tol, situasi di luar hujan deras, dan rest area terdekat masih 15 km lagi jaraknya. Bayangkan jika saat itu anda merasa haus dan lapar, namun tidak ada air dan makanan di mobil anda. Betapa menyiksanya merasakan haus dan lapar dalam kondisi seperti itu.


Secara general, isi dari EDC Emergency Pack adalah:

1. Tools

2. P3K

3. Uang tunai

4. Makanan dan minuman


ke 4 aitem tersebut bisa di-customized sesuai kebutuhan anda, dan ingat, jangan overstock. EDC Emergency Pack hanya untuk survival dalam waktu 1 hari dan untuk 1 orang di luar rumah. Makin banyak aitem yang anda bawa maka semakin besar dan berat pula EDC Emergency Pack anda. Just KISS (Make It Simple Stupid).

Langkah-langkah dalam mempersiapkan EDC Emergency Pack

1. Buat list



2. Kumpulkan barang-barang yang ada di list




3. Cari tempat untuk mengumpulkan barang-barang yang ada di list menjadi 1 atau 2 tempat



4. Efisiensi dalam packing



Maintenance EDC Emergency Pack

Anda hanya perlu membuat jadwal check aitem dalam EDC Emergency Pack 1-2 bulan sekali, make sure obat-obatan serta makanan/minuman tidak kadaluarsa dan peralatan yang anda butuhkan lengkap dalam kondisi siap pakai.

Ok, EDC Emergency Pack sudah siap, taruh di tas anda dan lupakan. Jangan gunakan apapun yang ada di EDC Emergency Pack anda kecuali anda dalam situasi yang terdesak dan satu hal lagi, belajar bilang "tidak" mulai sekarang kepada orang lain.


Last, semoga kita semua tidak pernah punya kesempatan menggunakan EDC Emergency Pack.


No comments: