Pages

Thursday, 13 November 2014

Survive From Crosswind

Se-aero apapun pakaian dan sepeda anda, tetap saja akan goyang jika kena cross wind, hahahahaha. Kali ini saya akan berbagi tips untuk survive saat cross wind menerjang anda. Silahkan lihat gambar di bawah ini:



Keterangan:
  1. Tips ini hanya bisa dilakukan jika riding dalam peloton
  2. Konfigurasi diatas disebut “echelon”
  3. Secara sederhana, satu orang dalam peloton harus “berkorban” memposisikan dirinya menjadi tameng dari arah datangnya cross wind
  4. Rider berikutnya akan menjadi tameng untuk rider lainnya dst.
  5. Jumlah rider yang bisa ikut dalam satu “garis” tergantung lebarnya jalan yang dilalui.
  6. Semakin jauh anda dari arah datangnya cross wind semakin bagus
Sederhana kan? Tapi tricky. Jika anda mengalami hal diatas, anda harus buru-buru menjauh dari arah datangnya cross wind. Pada prakteknya, tidak mudah merubah posisi anda dalam peloton karena belum tentu rider lainnya mau memberikan anda ruang untuk bergerak.

So, butuh kejelian untuk mendapatkan timing yang pas untuk moving tanpa disadari oleh rider lainnya. Triknya adalah, slow down, let the others pass you a moment and take the shelter from the back.

Err..tips tambahan, jika rute anda banyak section terdapat cross wind, simpan sepeda aero anda. Sepeda aero dirancang untuk mengurangi drag dari depan. Kalau terkena cross wind bagaimana? sepeda aero anda berubah menjadi layangan :D. Gunakan sepeda dengan tubing traditional (bulat) dan low profile wheelset. Setup sepeda seperti itu lebih mudah dikendalikan saat terkena crosswind.


N:joy

No comments: