Pages

Thursday, 6 November 2014

Start Cycling Now!!

Bersepeda merupakan olahraga yang menggabungkan rekreasi dan transportasi sekaligus. Dengan banyaknya hal yang baik, tampaknya merupakan hal yang baik jika anda mencoba bersepeda atau meracuni orang-orang terdekat anda untuk bersepeda :D.

Bagi anda yang masih galau, ragu-ragu, tidak tahu harus memulai dari mana, artikel dari bicycling ini akan membantu anda untuk mulai bersepeda. Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah, sepeda ada banyak tipe!! What?? Banyak?? Bingung deh :(, Sepeda yang cocok buat saya apa ya? Jawabannya....

Cukup jelas kan?

Oke, anda sudah tahu sepeda apa yang cocok dengan keinginan anda, tapi anda belum tahu berapa budget yang diperlukan dan dimana tempat beli sepeda yang rekomended? Googling dong, memulai googling pabrikan sepeda dalam negeri merupakan awal yang baik, harga yang tertera sudah dalam rupiah, garansi frame jelas, dan banyak tersedia di toko-toko sepeda. Brand seperti Polygon, Wim Cycle dan United mudah dijumpai di toko sepeda, harganya pun bervariatif.

Anda sudah tahu sepeda apa yang anda inginkan serta budgetnya pun tersedia, lalu? Time to try. Hindari belanja online untuk sepeda pertama anda, datanglah ke toko yang menyediakan sepeda yang anda inginkan, dan cobalah sepeda tersebut. Jangan membeli sepeda hanya karena anda suka desain atau mengikuti teman anda karena dia terlihat keren saat memakai sepedanya. 

Tempatkan kenyamanan sebagai prioritas pertama saat membeli sepeda. Tentu anda tidak mau saat membeli sepeda pertama kali, namun banyak part yang harus diganti karena anda tidak nyaman dengan parts yang tersedia.

"Min, body gw buncit, gw ga suka pake baju ketat kaya yang dipake pembalap sepeda di tv" Siapa juga yang mewajibkan anda menggunakan lycra setiap kali bersepeda? :D wkwkwkwk. Kenakanlah pakaian yang nyaman untuk anda gunakan, anda mau pakai kaos, kemeja, jeans, short even daster tidak ada masalah. Pakaian yang dikenakan pembalap sepeda itu membantu dari segi safety, kenyamanan dan kecepatan. Pelajari pelan-pelan sambil cari tahu mana yang cocok untuk anda.

Wear what you like, but know the consecuences, thats all. Satu hal saja yang perlu anda harus selalu gunakan saat bersepeda, yaitu helm sepeda. Safety first. Saya punya teman yang cedera cukup serius di kepala karena terjatuh saat bersepeda. Semurah-murahnya helm sepeda itu lebih baik daripada tidak pakai helm sepeda.

Last, anda sudah tahu sepeda dan pakaian yang nyaman utnuk anda gunakan untuk bersepeda, tapi anda takut untuk bersepeda di jalan raya? Tenang, anda tidak sendiri. Semua orang punya rasa takut yang sama saat mulaibersepeda di jalan raya, saya bahkan harus menghabiskan waktu 5 menit hanya untuk menyebrang jalan sambil menuntun sepeda karena tidak berani riding di tengah traffic pada masa awal-awal b2w. :D

Skill anda berkendara di tengah traffic akan semakin meningkat jika anda sering mencobanya. Tidak ada shortcut, ride often, your skill will better than before.

"Min, lo dari tadi ceramahin gue ini itu tentang sepeda kaya orang bener aja, apa sih hebatnya naik sepeda?" Hmm..banyak manfaat positif dari bersepeda, anda bisa googling sendiri, namun yang jelas, bersepeda akan mengurangi biaya transportasi anda cukup signifikan. Tidak percaya? Mari kita simulasikan:

Let say, anda sehari-hari menggunakan motor untuk alat transportasi, maka pengeluaran anda adalah:

1. Bensin
2. Parkir
3. Pajak tahunan
4. Servis/penggantian spare parts

Jika anda menggunakan sepeda, maka pengeluaran anda adalah:

1. Parkir
2. Servis/penggantian spare parts

Nah..dari daftar aitem pengeluaran saja sudah terlihat signifikan, untuk biaya parkir sepeda sebenarnya tidak ada aturan berapa biayanya, mayoritas tempat tidak memungut biaya parkir sepeda. No gas required, no yearly tax and no parking fee, sounds good right?

Don't hesitate to leave a comment, im glad to know whats in your mind :D.

n:Joy