Pages

Saturday, 29 November 2014

Sejarah Jersey Tour de France

Pada tahun 1919, Tour de France kembali berjalan setelah 4 tahun vakum karena perang dunia. Direktur pertandingan, Henri Desgrange memutuskan bahwa pemimpin klasemen sementara harus mudah terlihat di dalam rombongan. Akhirnya pada tanggal 18 Juli 1919, Eugine Christophe mengenakan yellow jersey untuk pertama kali. Ada pertanyaan yang menggelitik, kenapa harus warna kuning? Rupanya warna kuning dipilih karena warna tersebut merupakan warna dari kertas L’Auto Velo, koran balapan yang menjadi salah satu sponsor Tour de France. :D



Pada tahun 1951, Tour de France menjalin kerjasama dengan Le Coq Sportif dan mengeluarkan green jersey. You know what? Lagi-lagi warna tersebut merupakan warna dari sponsor pertandingan, La Belle Jordiniere :D. Green jersey perdana dikenakan oleh Frits Schar dari Swiss.



Setelah yellow dan green jersey, pada tahun 1975 jersey polka dot dikenakan pertama kali pada tour oleh Lucien Van Impe, dan as usual, warna polka dot diambil dari warna sponsor Chocolat Poulain, dan jersey berikutnya adalah White jersey.



White jersey (1968) diberikan kepada rider muda terbaik dalam tour. Sampai saat ini 4 warna jersey tersebut masih digunakan dalam Tour de France dan menjadi daya tarik tersendiri.




Sekian sejarah jersey Tour de France, enjoy the race and the history.


Run with fat, not oils.

No comments: