Pages

Friday, 21 November 2014

Conquer Any Mountain

Tanjakan. Love it or hate it.



Berikut ini beberapa tips bagi anda untuk survive di tanjakan:

1. Riset

Anda bisa melakukan pemetaan rute tanjakan via google maps, anda bisa lihat elevasinya, menentukan kapan harus push kapan harus spin. Ratio gear juga bisa anda tentukan berdasarkan informasi tersebut. Jangna nekat lewat rute tanjakan dengan sprocket 11-23 dan chainring 53-36.


2. Sabar

Enjoy, nikmati tanjakan, view disekitar anda, jangan terburu-buru untuk mencapai puncak. Jaga pace anda tetap stabil sehingga jantung dan paru-paru anda tidak over work. Lebih bagus lagi jika anda punya HRM.


3. Hemat Nafas

Semakin tinggi dataran, maka akan semakin tipis kadar oksigennya. Kembali lagi, sabar.


4. Sit and out of the saddle

Tidak ada salahnya anda memvariasikan posisi anda saat bersepeda, misalkan 1 km sit, 1 km berikutnya stand. perbedaan posisi tersebut menggunakan otot yang berbeda pada tubuh anda sehingga saat anda melakukan salah satu posisi (sit/stand) otot yang lain memiliki kesempatan untuk beristirahat dan siap bekerja kembali saat anda butuhkan.


5. Latihan

Jika anda tinggal jauh dari pegunungan, anda bisa menggunakan flyover sebagai sarana untuk latihan tanjakan. Cobalah dengan ratio gear yang berat untuk simulasi beban saat menanjak.



n:joy

No comments: