Pages

Monday, 17 November 2014

Art Of Drafting

Apakah anda lone rider? Sering bersepeda sendiri? Well, anda tidak sendirian, saya juga termasuk lone rider :D, bukannya tidak suka bersepeda dalam kelompok, tapi karena seringkali waktu dan rute bersepeda saya tidak match dengan teman-teman saya. Selain itu skill saya juga belum mampu mengimbangi speed dan endurance teman-teman saya sehingga rasanya tidak nyaman karena pace-nya berbeda :D. (jujur sekali ya?)

Di dalam peloton, jujur saja , saya bukan tukang tarik, saya lebih sering berada di dalam rombongan (terkadang di dalam rombongan saja saya kesulitan mempertahankan pace :D). Overall, dari pengalaman saya selama ini, saya hanya mengetahui etika dalam peloton saja, seperti stay in line, jangan rem mendadak dsb. Saya tidak tahu bahwa ternyata ada seni dan teknik tersendiri dalam memposisikan diri di peloton.



Berikut ini hasil googling “Art Of Drafting” dari Bicycling.com:

Leader bonus, menurut Professor Fisika, Bert Blocken, PhD (University of Technology Netherland) Jika rider di dalam peloton mendapatkan advantage less drag, maka leader akan mendapatkan reduksi drag sebanyak 3,1%. Hal tersebut disebabkan oleh tekanan udara rendah yang tercipta diantara rider sehingga membuat leader lebih mudah membelah angin. (Pendapat ini perlu dicari data penelitiannya)



Stay close, idealnya posisikan ban depan anda sedekat mungkin dengan ban belakang rider di depan anda, namun hal tersebut memerlukan teknik dan konsentrasi yang sangat tinggi, anda terlambat membaca situasi, boom!, rombongan bubar seperti kartu domino. Sebaiknya jagalah jarak ban depan anda dengan rider di depan anda sebanyak ¾ dari roda belakang mereka, alias zig-zag. Whoaa, some people say’s its dangerous and reduce drag advantaged. 

Ok, bayangkan jika anda berbaris lurus in line dengan rider didepan anda dan rider tersebut tiba-memperlambat lajunya atau manuver menghindari lubang. Kemungkinan besar anda akan menabrak rider tersebut atau menghantam lubang dengan sukses karena anda hanya memiliki ruang dan waktu yang kecil untuk manuver. Mana yang lebih berbahaya?



Sweet spot, benefit dari drafting akan semakin meningkat dari rider kedua sampai ke rider kelima. Dalam grup yang berisi 5 orang, rider kelima akan mendapatkan advantage yang paling besar (ini posisi yang ideal buat saya :D hahahaha). Dalam rombongan besar, sebaiknya posisikan diri anda diantara posisi 5-8. Anda akan mendapatkan keuntungan paling besar dan peluang terlibat crash paling kecil.



Size Matters, semakin besar badan rider di depan anda maka akan semakin besar keuntungan yang anda terima.




Thats it, n:joy

No comments: