Pages

Monday, 27 October 2014

Save or Splurge For Bike Commuting

Halo om dan tante, artikel kali lagi-lagi membahas seputar bike commuter :D, kenapa saya suka membahas hal yang berbau bike commuter? Hmm...mungkin karena saya sendiri melakukan bike commuter. wkwkwkwk.

Semoga om dan tante tidak bosan membaca artikel saya :).



Di artikel kali ini saya ingin berbagi pendapat mengenai spend money untuk keperluan bike commuter. Jika anda punya uang yang banyak, tentu tidak ada masalah untuk membeli semua perlengkapan bike commuter dengan kualitas yang terbaik. Namun bagi anda yang mempunyai dana terbatas (seperti saya:D) tentu harus pintar dalam memilih-milih perlengkapan bike commuter yang paling efisien. 

Save or splurge.


Save:

1. Pedal
Yup, anda tidak perlu pedal Shimano XTR hanya untuk bike commuting, pedal cleat entry level atau pedal flat sudah cukup untuk kebutuhan bike commuting anda. Range harga antara 200 ribu - 500 ribu

2. Jersey
Apakah perlu pakai jersey Rapha untuk bike commuting? Saya rasa terlalu overkill, lagipula jersey tersebut akan sering anda gunakan (otomatis juga sering anda cuci) dan akan cepat worn out. Menurut saya jersey replika tim sepeda jadi pilihan yang hemat untuk jersey yang digunakan dalam bike commuting. range harga 100-300 ribu

3. Inner Tube
Bike commuting perlunya ban dalam yang tebal, kuat dan tidak mudah bocor. Ban dalam mahal biasanya lebih ringan namun lebih rentan bocor. 35 ribu cukuplah untuk ban sepeda commuter anda.

4. Helmet
Sama seperti jersey, anda bisa save money dengan memilih helm sepeda yang murah, Helm sepeda murah bukan berarti murahan. range harga 150 ribu - 400 ribu sudah cukup baik untuk melindungi kepala anda. Perlu anda ingat, sekali anda crash anda harus segera mengganti helm anda.


Splurge:



1. Sunglasses/glasses
Buang jauh-jauh pikiran anda untuk membeli kacamata "cengdem" (seceng tapi adem), kacamata tersebut biasanya menggunakan lensa yang payah, fitting yang amburadul dan tidak mampu memberikan perlindungan maksimal bagi mata anda. Spend money between 150rb-jutaan rupiah untuk kacamata bersepeda merupakan langkah yang bijak (daripada mata anda yang rusak?)

2. Shorts
Nah, celana padding merupakan salah satu alat yang membuat perjalanan anda menggunakan sepeda terasa nyaman, tidak ada ruginya spend more money untuk celana padding yang berkualitas, selain fittingnya maksimal, tingkat kenyamanannya pun jauh berbeda dengan celana padding KW. Range harga mulai dari 250 ribu.

3. Tyre
Bagi hobbies yang sudah lama berkecimpung di dunia sepeda, pasti sudah paham bahwa ban yang bagus = less effort more speed, Carilah ban yang menyediakan fitur puncture resistance, komponnya cukup kuat dan rolling efficiency-nya tinggi. (clue, the tyre must have 60 TPI or higher, hehehehe)

4. Saddle
Terkadang, anda harus trial dan error untuk menemukan sadel yang cocok. Keep in your mind sadel mahal tidak selalu nyaman bagi anda. Ketebalan, shape dan panjang sadel-lah yang mempengaruhi kenyamanan anda. Sometimes, when cheap saddle doesnt work for you, you need to spend more money for that, and your bum will thanks to you in every ride :D.

Ok, untuk sementara, itulah beberapa hal yang saya lakukan dalam spend money untuk perlengkapan bike commuting. Silahkan dipikirkan dan dipertimbangkan. Work for me belum tentu work for you too right?

Don't hesitate to leave a comment, im glad to know whats in your mind :D.

n:Joy

See me in Facebook: Cyclist Story


No comments: