Pages

Wednesday, 8 October 2014

All About Dropbar

Baru mulai main Roadbike?

Bingung dengan banyaknya varian dropbar di toko?

Sama, saya juga, wkwkwkwkw

Karena bingung, saya mulai kasak-kusuk kesana kemari, cari informasi dari goweser senior, mekanik dan tentu saja....om Google :).



Handlebar parts
Dropbar anatomy

Well, secara garis besar, inilah tipe-tipe dropbar yang tersedia di pasar:


1. Track Bar



Dikenal juga dengan nama pista bar. Biasa digunakan pada track bike, belakangan ini juga sering dijumpai rider fixie menggunakan track bar. Pista bar mean's always aero and fast when you ride, since the bar its purely design for sprinting and not good for install the brake lever.

2. Shallow/Classic/Traditional

traditional bend bar









Ini merupakan shape dropbar pertama yang digunakan untuk road race. Hampir mirip dengan track bar, perbedaan mendasar dengan track bar adalah classis mempunyai top yang flat. Biasa dijumpai pada sepeda balap classic, beberapa pro cyclist juga ada yang menggunakan dropbar tipe ini.



3. Compact

Compact bars









Ini tipe dropbar yang pas buat saya (wkwkwk, ga penting banget ya? :D) Dropbar compact cocok bagi anda yang suka menaruh tangan di hood dan punya jari yang pendek, karena bend-nya memungkinkan anda (yang punya jari pendek) untuk menggapai brake lever dalam posisi on brifter dan aero sekalipun (hand on hooks). Karakteristik dari compact adalah short reach dan bend-nya cenderung shallow. Selain itu drop height juga cenderung lebih rendah daripada classic dan anatomic.

4. Ergo/Anatomic bar


ZIPP bar geometries



























Bentuknya hampir mirip dengan compact, namun mempunyai reach yang lebih panjang drop heigth yang lebih tinggi, dan hook-nya terkadang dibentuk menyesuaikan dengan kontur telapak tangan saat memegang hook. Cocok bagi anda yang punya jari panjang. Gambar diatas menerangkan dengan jelas perbedaan reach, dan drop height antara compact, anatomic dan classic. Honestly, saya tidak cocok dengan dropbar ini.

5. Randonneur



Unik nih! Biasanya dipakai di sepeda touring. Bendnya mirip seperti classic, tapi dibagian topnya agak up sweep di sekitar ramp, hooksnya juga melebar (ke arah luar). Katanya desain ini sangat nyaman untuk long distance cycling.



Selamat pusing

n:Joy

No comments: