Pages

Wednesday, 6 August 2014

RACING (Recovery After Cycling)

Bulan puasa sudah lewat, back to daily habit, bike to work everyday! Yeyyy! :D Setelah aktivitas bersepeda yang berkurang saat bulan puasa, tentu saja performa saya sedikit menurun dan perlu waktu untuk mendapatkan peak performance kembali.



Selain mulai rutin bersepeda kembali, yang perlu diperhaitkan adalah cara recovery-nya. Latihan gila-gilaan jika recovery-nya asal-asalan akan membuat badan anda sakit dan tidak sehat. Berikut ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam recovery setelah bersepeda, perlu diketahui, ini works buat saya, tapi belum tentu works buat anda :D.

1. Spinning
Ini biasanya saya lakukan menjelang kembali ke rumah, gear ratio mid-low, ngicik. Berguna supaya mengurangi asam laktat di area kaki.



2. Minum Elektrolit
Saat bersepeda, apalagi latihan serius, kita pasti sangat exhausting, tubuh sangat butuh cairan yang cepat dan mudah diserap. Saya biasanya minum Mizone/Pocari Sweat. Bisa diminum saat bersepeda maupun setelah bersepeda.



3. Minum Susu
Diminum setelah bersepeda, sekitar 1 gelas besar susu low-fat, tanpa gula. Kenapa low fat? Well, saya masih harus menurunkan berat badan 5kg untuk mendapatkan BMI yang ideal :D



4. Mandi Air Hangat
Supaya otot yang tegang bisa lemas kembali, tapi jangan lama-lama. Jangan lupa guyur badan anda dengan air dingin sebelum keluar kamar mandi jika tidak mau menggigil :D.



5. Pakai Compression Cloth
Awalnya saya ragu-ragu apakah compression cloth bisa membantu recovery otot, tapi setelah beli compression long sleeve dan saya coba beberapa kali, ternyata it works! Sekarang saya malah senang tidur pakai compression cloths, bahannya dingin dan setelah bangun pegal-pegal berkurang cukup signifikan.



6. Tidur
Tidak ada recovery lain yang paling mantap selain tidur. Usahakan tidur dulu selama 1-2 jam setelah bersepeda cukup berat. Setelah bangun biasanya badan terasa cukup segar.



Itulah recovery yang saya lakukan setelah bersepeda, semoga bisa membantu om dan tante dalam menentukan metode recovery yang sesuai.

Ride with smile

n:joy

2 comments:

Apolonia Kharisma said...

om itu compression clothnya dapet dimana ya?
kaaynya baguss.. saya perlu sepertinya hehehe

Decky Putra said...

Cari di kaskus banyak om