Pages

Wednesday, 23 July 2014

Upgrade For Comfort (Part 1)

Pada artikel serial sebelumnya saya sudah membahas tentang upgrade parts dengan tujuan speed, kali ini saya akan membahas upgrade parts dengan tujuan comfort. Inti dari upgrade for comfort sebenarnya mudah saja, semua contact point antara anda dan sepeda harus dibuat “pas”. Mari kita lihat gambar di bawah ini:

 

Dari gambar diatas terlihat contact point antara cyclist dengan sepeda secara garis besar ada 3, yaitu handlebar, saddle dan pedal. Itulah sasaran anda jika ingin upgrade kenyamanan saat bersepeda :D. Artikel ini akan dibuat serial karena terlalu banyak materi yang harus dibaca jika dibuat dalam satu artikel, stay tune at cycliststory.blogspot.com untuk mengetahui update berikutnya.

1. Have you ride a correct frame size?

Yup, sebelum membahas 3 kontak poin diatas, make sure frame sepeda yang anda miliki sesuai dengan tinggi badan dan inseam anda. Secara garis besar, frame sepeda dibagi menjadi beberapa ukuran layaknya pakaian, ukuran tersebut dimulai dari XS-S-M-L-XL, beberapa pabrikan menggunakan angka dalam ukurannya. Angka tersebut biasanya berasal dari panjang seattube atau toptube(Giant). 


Tabel di bawah ini dapat membantu anda untuk menemukan size frame yang sesuai dengan tubuh anda.

http://www.pedalforth.co.uk


Selain berdasarkan tabel diatas, sebetulnya ada jasa untuk bike fitting seperti retul dsb, namun saya tidak akan membahas hal tersebut disini, jika anda punya dana lebih untuk bike fitting silahkan dicoba saja, dan bagi-bagi pengalamannya ya disini :D



Kenapa sih size frame penting sekali? Analoginya jika anda menggunakan sepatu yang kebesaran atau kekecilan, anda merasa nyaman atau tidak? Mau sepatunya mahal sekalipun, jika ukurannya tidak sesuai dengan kaki anda maka sepatu itu tidak akan nyaman dipakai. 

Om, saya suka frame A, tapi adanya ukuran s, padahal saya harusnya pakai ukuran m, enaknya dibeli atau ngga ya om? Sudah kebelet nih. Jawabannya, silahkan beli, berbeda dengan pakaian, untuk size frame sepeda, lebih baik kekecilan 1 ukuran dibandingkan kebesaran 1 ukuran. Why? Ada beberapa alasan, yaitu estetika, safety dan performa.

1. Estetika
Have you ever seen roadbike with 50 or 60mm stem and drop seatpost? Like this picture
ilustrasi stem pendek dan seatpost ceper

Bandingkan dengan gambar ini


Lihat proporsi panjang stem dan ketinggian saddlenya, anda lebih suka yang mana? Lebih terlihat "normal" yang mana?

2. Safety


Bayangkan saat anda berhenti dan turun dari sadel lalu selangkangan anda terantuk toptube, it hurts right? Hal itu terjadi jika frame anda lebih besar dari seharusnya :D, Bagaimana jika frame kekecilan? Yaa ga ada masalah selangkangan terantuk toptube sih, namun handling menjadi lebih tidak stabil. Jika tidak terbiasa tentu membahayakan diri anda sendiri.

3. Performa

Clear kan? Selain itu, makin besar frame anda tentu saja bobotnya semakin berat karena ada material yang lebih banyak. Jika frame terlalu kecil efeknya ada di handling yang liar, beberapa cyclist bahkan sengaja menggunakan frame lebih kecil karena gaya ridingnya yang agresif.
Oke, stop dulu disini, tunggu lanjutan artikel ini di "Upgrade For Comfort (Part 2)"




n:Joy





No comments: