Pages

Tuesday, 15 July 2014

Kammtail Virtual Foil, What Is That?


Kammtail merupakan istilah dari industri otomotif yang dicetuskan pada tahun 1930-an, istilah ini diambil dari nama ahli aerodinamika Jerman, Wunibald Kamm. Kammtail secara mudah adalah desain aero shape yang ekornya dipotong :D. Silahkan lihat gambar di bawah ini.

KVF (Kammtail Virtual Foil)
Kammtails Virtual Foil adalah teknik memanipulasi aerodinamika, bertujuan untuk mendapatkan aero shape namun dengan meminimalisir efek crosswind. Seperti yang kita ketahui, sepeda aero rata-rata mempunyai tubing shape seperti ini:

Aero Shape
Desain seperti diatas memang terbukti meminimalisir drag dari arah depan, namun bagaimana jika terkena cross wind? Gambar di bawah ini akan menjelaskan perbedaan efek KVF shape dengan aero shape.


KVF sendiri merupakan konsep yang digunakan oleh Trek dalam mengembangkan Roadbike dan Tri-Bike mereka. KVF digunakan pada down tube, seat tube, seat stays, dan fork blade. 



Perlu diingat, KVF hanya efektif menghadapi crosswind dengan angle 10 derajat dari depan, jika ada angin datang tepat dari arah jam 3 atau jam 9 ya sepeda ini tetap saja speerti layangan :D. tapi seberapa sering sih terkena angin betul-betul dari arah jam 3 atau jam 9? :D


n:Joy


No comments: