Pages

Sunday, 8 June 2014

Dropper Seatpost, Yay or Nay?



Blacx-jewel-air-drop-seatpost-xc-dh-fr-am-mt, bikerumor
Dropper seatpost, parts ini kembali booming di scene MTB sejak tahun 2011. Saat ini dropper seatpost sudah cukup mudah didapatkan di toko-toko sepeda segmen middle up, bahkan di bukalapak.com Rockshox Reverb merupakan salah satu dropper seatpost yang banyak ditawarkan.

Sebenarnya dropper seatpost itu apa sih? Definisi yang sederhana dropper seatpost adalah seatpost yang mempunyai fitur adjustable height sehingga cyclist tidak perlu turun dari sepeda hanya untuk menyesuaikan ketinggian seatpost, bahasa kerennya, adjusting seatpost height on the fly.

thomson elite dropper seatpost, oldglorymtb

So? Thats all? Apa untungnya menggunakan dropper seatpost? Berikut ini beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan saat menggunakan dropper seatpost:


1.Anda tidak perlu berhenti dan kehilangan momentum saat menghadapi trek tanjakan (raise your seat) dan trek turunan (lower your seat), tidak ada lagi berhenti di tengah trek hanya untuk menyesuaikan ketinggian seatpost.

2. Terkait dengan point no. 1, tidak perlu berhenti untuk meng-adjust seatpost berarti anda akan saving energi, karena tidak perlu start menggenjot sepeda dari nol lagi saat akan menghadapi tanjakan atau turunan.

3. Terkait dengan point no. 1 dan 2, bagi pembalap sepeda it means waktu yang akan semakin cepat dalam melintasi suatu trek.

Sudah mulai tertarik dengan dropper seatpost? Pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Berat rata-rata dropper seatpost berkisar 450-500gr, bandingkan dengan seatpost biasa yang hanya 200gr.

2. Harga dropper seatpost (dalam hal ini Rockshox Reverb) sekitar 3 juta-an. Bandingkan dengan seatpost biasa yang bisa anda dapatkan mulai dari harga Rp100.000-an.

3. Dropper seatpost tidak maintenance free, ada masanya mereka harus di adjustment kembali, re-bleeding dan mungkin, mengganti parts pendukungnya. Seatpost biasa dapat dikatakan maintenance free.

Saat ini, banyak pabrikan yang sudah bermain pada dropper seatpost, seperti Rockshox, Fox, Crankbrothers, Kindshock, Thomson, Specialized, Giant dan tentu saja yang sempat hype di awal dropper seatpost mulai muncul, GravityDropper. Setiap pabrikan mempunyai fitur pada dropper seatpostnya, berikut ini beberapa fitur yang terdapat pada dropper seatpost di pasar:

1. Adjustable lever pada seatpost.

2. Remote adjustable lever, tuasnya diletakkan di handlebar, more convenience.

3. Hydraulic cartridge

4. Pressurerize gas cartridge


5. Fully mechanical cartridge
6. Internal cable, clean looks but need special frame

Setiap fitur punya keunggulan masing-masing, anda tinggal memilih fitur yang diinginkan dengan mempertimbangkan aspek maintenance dan parts yang tersedia di Indonesia, tidak lucu dropper seatpost anda menjadi bangkai di gudang hanya karena sealnya rusak :D.

Hmm, jadi enakan menggunakan dropper seatpost atau seatpost biasa nih? Well, tergantung, jika anda:

1. Orientasi bersepedanya AM atau FR.

2. Tidak mau repot naik turun sepeda saat berada di tengah trek.

3. Punya dana lebih hanya untuk sebuah dropper seatpost.

4. Trek yang sering dilalui termasuk kategori teknikal dan banyak tanjakan serta turunan.


Maka anda mungkin memerlukan dropper seatpost. Tapi jika anda:

1. Orientasi bersepedanya XC atau roadbike.

2. Trek yang sering dilalui tidak termasuk kategori teknikal, hanya terdapat beberapa tanjakan dan turunan.


Mungkin lebih baik anda pertimbangkan kembali membeli sebuah dropper seatpost.


Keep smart, n:Joy





D

No comments: