Pages

Thursday, 5 June 2014

CounterVail Tech. on Bianchi Infinito

Bianchi logo, bicycledoctor.
Kali ini sistem damper pada roadbike datang dari Bianchi dengan CounterVail-nya. Bekerja sama dengan Materials Science Corp. Bianchi menggunakan CounterVail, yaitu "vibration canceling system" pada sepeda mereka, Bianchi Infinito CV. CounterVail sendiri merupakan "innovative composite material system that combines traditional vibration damping layer concepts and a patented fiber preform. Unparalleled vibration damping is derived from the fiber preform itself, where the fiber pattern maximizes the vibrational energy dissipation by a viscoelastic damping layer." dan salah satu teknologi yang dipakai oleh NASA pada pesawat luar angkasa mereka, sehingga sudah jelas bahwa teknologi ini bukan sekedar marketing gimmick.


Bianchi Infinito CV Frame, bianchi store.
Dengan teknologi CounterVail (CV), Bianchi mengklaim bahwa frame mereka yang menggunakan CV mampu me-reduce vibrasi 75% lebih baik daripada frame carbon pada umumnya. Menurut mereka, CV juga lebih efektif daripada damper model "rubber inside" (nyindir Zertz dari Spez) dan juga "isolators" (nyindir Bontrager Harmonic Dampers). 

Countervail logo, masters-science.

CV sendiri diletakkan di beberapa bagian frame oleh Bianchi, mungkin seperti di sekitar fork dan seat stay. Keuntungan dari CV adalah tampilan sepeda masih layaknya roadbike saat ini, rigid, clean dan juga power serta speed tidak dikorbankan demi kenyamanan karena sistem CV adalah mereduce vibrasi dengan cara menginterupsi vibrasi sebelum mencapai bagian tubuh dari cyclist. (samalah seperti Zertz dari Spez). Di bawah ini merupakan video komparasi antara frame yang menggunakan CV dan non-CV, perhatikan gerakan bola ping-pongnya:




Sumber: road.cc, bianchiusa, bikeradar dan materials-science






No comments: