Pages

Thursday, 29 May 2014

Zertz From Specialized

Zertz? Apa itu? Aneh sekali namanya? Nama tersebut muncul saat saya sedang browsing salah satu tipe sepeda dari Specialized, yaitu Specialized Roubaix. Bentuknya seperti ini:

Zertz inside on seat stay.
Menurut Specialized, Zertz itu adalah visoelastic dampers yang diletakkan pada fork serta seat stay dan berfungsi untuk menyerap getaran yang ditimbulkan dari permukaan jalan yang tidak rata sehingga meminimalisir fatigue dan membuat cyclist lebih nyaman. 

Mungkin anda akan bertanya, apakah Zertz akan mempengaruhi stiffness dan kekuatan dari frame? Specialized menyatakan Zertz tidak akan mempengaruhi stiffness dan kekuatan dari frame. Sampai saat ini Zertz masih menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh cyclist di seluruh dunia, ada yang menganggap bahwa Zertz hanyalah sebuah marketing gimmick, namun ada juga yang menyatakan bahwa Zertz memang mempunyai fungsi yang real.



Specialized Roubaix
Hal tersebut mungkin disebabkan karena kerja Zertz sendiri tidak terlihat oleh mata dan Specialized tidak pernah mengeluarkan data-data hasil labolatorium kepada publik. Cyclist yang berpendapat bahwa Zertz tidak mempunyai fungsi apapun menganggap bahwa geometri dan carbon layer-lah yang membuat Roubaix nyaman digunakan di jalanan yang kasar.

Well, saya sendiri belum pernah mencoba sepeda dengan Zertz inside, jadi tidak bisa ikut berkomentar ;D. Saat ini penggunaan Zertz selain berada di fork dan seat stay, Spez juga menggunakan Zertz di seatpost dan handlebar.

Zertz on dropbar

Seatpost with Zertz inside 

Jadi aneh ya bentuknya?

Sumber: Specialized

Enjoy


D


No comments: